oleh

‘Shadow War’ Rusia Terhadap Anggota Nato Telah Berkembang

jakarta,info berita dunia–Rusia telah terlibat dalam operasi sabotase yang “berani” di seluruh negara anggota NATO selama lebih dari enam bulan, menargetkan jalur pasokan senjata untuk Ukraina dan para pengambil keputusan di belakangnya, menurut seorang pejabat senior NATO.

Beberapa pejabat keamanan di seluruh Eropa menggambarkan ancaman yang menyebar ketika agen-agen Rusia, yang semakin diawasi oleh dinas keamanan dan frustrasi dalam operasi mereka sendiri, mempekerjakan amatir lokal untuk melakukan kejahatan yang berisiko tinggi, dan sering kali dapat disangkal, atas nama mereka.

Pejabat NATO mengatakan mereka telah mengamati “eskalasi dan penyebaran perang hibrida Rusia yang belum pernah terjadi sebelumnya” selama enam bulan terakhir, termasuk “sabotase fisik” pada jalur pasokan senjata NATO yang ditujukan untuk Ukraina. “Semuanya mulai dari produksi dan asal, penyimpanan, pihak yang membuat keputusan, hingga pengiriman sebenarnya,” kata pejabat senior NATO. “Itu berani. Rusia berusaha mengintimidasi sekutu (kami).”